Berkat DIGROW Produksi Jagung di Parepare Capai 10 Ton Hektar

Walikota Parepare - Jagung DIGROWPAREPARE- Kota Parepare memang  daerah  yang sangat minim lahan pertaniaannya, namun hal tersebut tidak berarti bahwa produksi pertanian di daerah ini menurun.

Sebagai bukti, sebagaimana diungkapkan Kepala Kantor Ketahanan Pangan , Hj Rostina saat memberikan sambutan dalam cara panen jagung di Kecamatan Bacukiki, bahwa produksi jagung di Parepare mencapai 10 ton hektar. Dengan pencapaian tersebut, maka diasumsikan petani akan menuai hasil penjualan sebesar Rp 25 Juta/ hektar dengan asumsi  satu kilogram jagung dinilai seharga Rp. 2.500. Modal yang digunakan petani untuk satu hektar sebesar Rp. 5 juta untuk pembelian benih, pupuk dan pemeliharaannnya sehingga keuntungan bersih yang didapat sebesar Rp. 20 juta per hektar.

Koran Parepare

Ditambahkan Hj Rostina, bahwa jagung yang digunakan adalah Bisi 18 dengan menggunakan Pupuk Cair DI GROW. “saya  meminta kepada para petani untuk menggunakan bibit unggul dalam setiap penanaman jagung sebagaimana direkomendasikan oleh para penyuluh.” ungkapnya

Sementara itu Walikota Parepare, H Taufan Pawe dalam panen jagung ini, meminta kepada kantor ketahanan pangan Kota parepare untuk lebih intensif memberikan penyuluhan kepada para petani agar mampu meningkatkan produksi hasil-hasil pertaniannya.

“Para petani harus dapat diajarkan tentang penggunaan teknologi pertanian sehingga mereka mampu menggunakannya dengan baik yang kemudian bedampak pda peningkatna produksi.”ujar Taufan

Ditambahkan taufan pemanfaatan pupuk organik sebagai bagian dari pemanfaatn teknologi. Ke depan Pemerintah Kota Parepare,kata dia, akan terus melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Kerjasama tersebut dapat berupa pemanfaatan teknologi, transformasi keilmuan , pengembangan informasi pertanian.

Dari data statistik menunjukkan bahwa tiap tahunnya produksi jagung di Kota Parepare meningkat seiring dengan luas arealnya. Data tahun 2011 menunjukkan luas panen 54 ha mampu memproduksi 176 ton. Sementara di tahun 2012, luas panen 176 ha mampu memproduksi 505 ton.

Sumber :
www.pareparekota.go.id/kominfo/berita/1306-produksi-jagung-di-parepare-capai-10-ton-hektar